Cara Merawat dan Mengatasi Rambut Rusak dengan Baik dan Benar

Rambut yang indah dan sehat pasti menjadi dambaan setiap manusia, baik pria maupun wanita, di mana pun. Karena memiliki rambut indah dan kuat akan menaikkan rasa percaya diri kita di depan publik. Rambut yang sehat juga menjadi ciri khas seseorang rajin merawat tubuhnya atau tidak. Maka tidak heranlah jika banyak salon-salon kecantikan yang menyediakan perawatan rambut dengan berbagai macam tekniknya.

Untuk memiliki rambut yang senantiasa sehat diperlukan cara-cara khusus dalam perawatannya. Tidak melulu harus ke salon, asalkan Anda rajin melakukan perawatan sendiri, dijamin rambut Anda pun akan terlihat indah.

Semisal Anda memiliki permasalahan-permasalahan rambut maka segera atasi, jangan biarkan berlarut-larut hingga merusak sampai ke akar rambut. Karena jika sudah terlanjur rusak parah, Anda akan kesulitan untuk mengobatinya.

Permasalahan yang sering dihadapi oleh orang-orang adalah rambut kering. Rambut kering memang mudah untuk diatasi jika secara rutin dirawat dengan baik. Akan tetapi jika Anda mengalami kendala rambut rontok, maka sebaiknya diobati dengan cara-cara khusus.

Apabila Anda mengalami gejala kerontokan yang terlalu banyak dan di luar normal, maka segera obati dengan perawaran yang ketat, supaya masalah rambut Anda tidak semakin kronis. Dalam artikel kali ini, akan saya sajikan berbagai tips dan cara merawat dan mengobati rambut yang baik dan benar.

Sebagaimana kita ketahui, rambut merupakan mahkota yang sangat berharga, terutama bagi seorang wanita (meskipun tren rambut pria terbaru pun nggak kalah tenarnya). Karena hal ini akan sangat berpengaruh terhadap penampilan. Rambut yang jelek dan rusak akan berakibat pada kurang menariknya penampilan Anda.

Apalagi jika rambut mengalami kerontokan, tentunya sangat tidak nyaman, benar-benar merusak penampilan dan pastinya bisa menurunkan rasa percaya diri Anda. Maka dari itu, diperlukan cara-cara khusus agar rambut tetap terlihat menawan dan tidak sampai mengalami kerusakan. Anda bisa coba berbagai tips yang akan kami berikan.

Umumnya, kerusakan rambut seringkali diakibatkan oleh karena kurang diperhatikan alias kurang terawat dengan baik. Lingkungan sehari-hari yang terpolusi juga bisa mengakibatkan kerusakan pada rambut. Selain itu, kesalahan dalam perawatan pun bisa berakibat fatal, dimana tadinya berharap agar rambut semakin indah, tapi justru berakibat sebaliknya, seperti akibat kesalahan dalam melakukan hairstyling, yang diakibatkan oleh kesalahan dalam smoothing dan rebonding.

Dalam artikel ini, tidak akan secara khusus kami bahas mengenai kerusakan yang diakibatkan smoothing maupun rebonding, tapi cenderung general mengenai tata cara perawatan rambut dan mengobati kerusakan rambut yang baik dan benar.

Selain rambut rontok, permasalahan lainnya adalah masalah rambut patah atau bercabang dan kaku. Jika tidak segera diatasi biasanya akan berujung pada kerontokan rambut.

Sebagaimana prinsip umum dalam dunia kesehatan, tentunya lebih baik merawat daripada mengobati. Begitu juga dengan rambut, lebih baik rutin menjaga agar tetap indah sebelum pada akhirnya nanti terlanjur rusak parah.

Akan tetapi jika rambut yang Anda miliki sudah terlanjur rusak, maka jangan putus asa, ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mengembalikan kecantikan rambut Anda. Cara ini pun terbilang ekonomis, tidak perlu banyak mengeluarkan biaya, karena bahan-bahan yang digunakan harganya relatif terjangkau dan memanfaatkan tanaman herbal di sekitar rumah.

Selain biaya yang terjangkau, merawat rambut di rumah sendiri akan lebih baik daripada di salon, karena Anda bisa lebih rutin dalam melakukan perawatannya, tanpa terkendala biaya. Anda pun bisa melakukan perawatan hair mask, creambath, dan lain-lain secara lebih murah, dengan catatan cara Anda melakukannya benar.

Sebelum masuk ke poin-poin tentang cara merawat dan memperbaiki rambut rusak, sebelumnya akan kami sampaikan juga hal-hal yang menjadi pertanda bahwa rambut Anda mulai mengalami kerusakan dan harus segera ditangani agar tidak semakin parah/kronis.

Hal yang mungkin belum Anda ketahui bahwa rambut orang dewasa, normalnya, terdiri dari 100.000 helai rambut. Dalam rambut tersebut tersusun dari berbagai zat, di antaranya air, protein, dan lipid (yang termasuk dalam lemak).

Sedangkan pada bagian luar rambut terdapat zat yang disebut sebagai kutikula, yaitu: selaput rambut bagian luar dari batang rambut. Zat ini penting untuk menjaga agar rambut tetap mengkilap. Biasanya rambut yang sehat akan terlihat mengkilap, sedangkan rambut yang tidak sehat alias mengalami kerusakan akan cenderung berwarna kusam. Selain itu, bagian yang merupakan bagian paling penting pada rambut, yaitu akarnya, dimana dari akar inilah rambut bisa terus memanjang.

Ciri-Ciri dan Cara Mengetahui Rambut Rusak:

1. Perhatikan jumlah rontoknya rambut.

Cara yang paling mudah untuk mengetahui apakah rambut kita mengalami kerusakan adalah dengan memperhatikan jumlah kerontokannya. Dimana kerontokan tersebut berbeda dengan kerontokan yang normal. Apabila rambut Anda mengalami kerontokan dalam setiap harinya terlalu banyak, maka perlu segera diwaspadai, karena sangat mungkin bahwa rambut kesayangan Anda itu mulai masuk ke tahap kerusakan.

Yang dimaksud dengan kerontokan tidak normal adalah sekitar satu genggam rambut. Atau ketika Anda mencoba menyisirnya dengan jari-jari tangan maka akan sangat terlihat rontokan rambut di tangan. Dalam kondisi ini, Anda harus waspada, cepat tanggulangi dan obati, agar rambut Anda tidak semakin parah kerusakannya.

 

2. Rambut mudah patah.

Cara kedua untuk mengetahui apakah rambut Anda dalam kondisi sehat atau tidak adalah dengan mengetahui kekuatan pada rambut.

Untuk mengujinya, saat rambut dalam keadaan basah, coba tarik rambut Anda. Umumnya, ketika rambut dalam kondisi sehat, maka saat ditarik secara perlahan, maka rambut akan cenderung melar, agak elastis.

Lebih spesifiknya, ketika rambut dalam kondisi basah, tarik 1 helai rambut Anda secara perlahan. Apabila terlihat mulus maka sebagai pengetahuan tahap awal, bisa dikatakan bahwa rambut Anda masih tergolong rambut yang cukup sehat. Dan sebaliknya, jika rambut patah ketika ditarik secara perlahan, maka kemungkinan rambut Anda rusak, dan harus segera diobati.

 

3. Rambut bercabang.

Salah satu ciri lain rambut yang mengalami kerusakan adalah rambut yang bercabang. Jika Anda melihat bahwa rambut Anda terlihat bercabang, maka waspadalah. Itu adalah pertanda bahwa rambut Anda mulai mengalami kerusakan. Cepat obati, agar kerusakan tidak semakin parah.

 

4. Rambut sulit ditata.

Apabila Anda menemui bahwa tatanan rambut Anda rusak tidak lama setelah ditata, maka perlu diperhatikan. Jika Anda baru saja menata rambut dan kemudian tidak selang lama, sekitar 1 jam, rambut Anda sudah rusak kembali, maka sangat mungkin rambut Anda  mengalami gejala kerusakan. Disamping itu, biasanya rambut juga terasa kurang lentur.

 

5. Rambut terlihat kusut dan kusam.

Ciri lain ketika rambut Anda mengalami gejala kerusakan adalah terlihat kusam dan kusut. Dan ketika disentuh, terasa kasar. Biasanya, rambut yang kasar serta kusam, menandakan rambut tersebut tidak sehat, sehingga ketika sedikit ditarik akan mudah patah serta mudah mengalami kerontokan. Disamping itu, biasanya juga rambut tampak bergelombang dan bercabang.

 

Setelah Anda mengetahui apa saja ciri-ciri rambut rusak, saatnya Anda mencari tahu bagaimana cara mengatasinya, dan tips apa saja yang harus dilakukan.

Dalam memperbaiki atau mengobati kerusakan rambut, baik karena akibat rebonding maupun smoothing yang berlebihan atau pun karena hal-hal lainnya, haruslah tetap memperhatikan unsur-unsur dasar dalam perawatan rambut.

Perlu diingat, bahwa penggunaan bahan kimia yang berlebihan untuk mengobati rambut, pola hidup yang kurang sehat, dan kebiasaan salah dalam perawatan rambut, justru bisa mengakibatkan kerusakan rambut yang semakin parah. Untuk itu, di sini akan kami sampaikan beberapa tips dan cara merawat rambut yang baik dan benar.

Tidak banyak orang yang menyadari bahwa pola hidup yang sehat juga berpengaruh terhadap kesehatan rambut. Akibatnya, banyak orang yang menganggap sepele akan pentingnya menjaga kesehatan dengan pola hidup yang sehat. Bukan hanya untuk kesehatan badan saja, tapi kesehatan rambut pun tidak kalah pentingnya.

Berikut beberapa pola hidup sehat dan cara menjaga rambut agar selalu sehat:

1. Hindari minuman beralkohol (minuman keras).

Minuman beralkohol selain merusak kesehatan tubuh secara umum, juga akan mengakibatkan kerusakan pada rambut. Menjadikan rambut kusam dan mudah patah.

 

2. Minum air putih yang cukup.

Air adalah sumber kehidupan. Banyak berbagai penyakit yang berhasil disembuhkan hanya dengan minum air putih yang cukup. Begitu pun dengan rambut. Dengan minum air putih yang cukup dapat membuat rambut kita menjadi lebih sehat dan kuat. Karena pada dasarnya, rambut selain mengandung lipid dan protein, juga terdapat kandungan air di dalamnya.

 

3. Rajin mengkonsumsi berbagai makanan yang dibutuhkan rambut.

Untuk memberikan nutrisi bagi rambut, dibutuhkan berbagai macam makanan yang mengandung vitamin. Di antara berbagai makanan yang dibutuhkan oleh rambut adalah makanan yang mengandung Omega 3 dan Omega 6, juga asam lemak esensial, yang mana bermanfaat untuk mengobati rambut yang rusak, seperti mudah patah dan kusam.

Selain makanan yang mengandung Omega 3 dan Omega  6, konsumsi juga makanan yang mengandung vitamin A, B, C, betakaroten dan E.

Berikut beberapa jenis makanan yang perlu Anda jadikan menu tiap harinya karena kandungan multivitamin yang terkandung di dalamnya yang sangat bermanfaat untuk kesehatan rambut:

  • Jenis makanan yang mengandung Omega 3 antara lain: ikan salmon,  mackerel, ikan tuna, kenari, sayuran dengan daun hijau gelap, dan kacang-kacangan.
  • Jenis makanan yang banyak mengandung Omega 6 seperti: minyak biji wijen, minyak biji rami, serta biji labu.
  • Jenis makanan yang mengandung banyak vitamin B, di antaranya adalah gandum, beras merah, telur, dan oat.
  • Jenis makanan yang mengandung banyak vitamin A, di antaranya adalah tomat, sayur-sayuran, wortel, dan kacang-kacangan.
  • Sedangkan jenis makanan yang mengandung vitamin Betakaroten dan C adalah wortel dan jeruk.
  • Jenis makanan yang banyak mengandung vitamin E, di antaranya adalah alpukat serta selai kacang.

 

Untuk lebih jelasnya, di bawah ini kami paparkan manfaat dari berbagai zat makanan dan vitamin yang baik untuk menjaga kesehatan rambut.

  • Manfaat Omega 3 dan Omega 6 seperti yang sudah kami sebutkan di atas, yaitu mampu mengobati rambut yang kusam dan mudah patah.
  • Vitamin A, bermanfaat untuk mencegah terjadinya kerusakan pada kulit kepala serta untuk mempercepat pertumbuhan rambut.
  • Vitamin B, bermanfaat untuk mensupply kebutuhan dari protein rambut, serta untuk mengubah minyak omega.
  • Vitamin C serta Betakaroten, bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan rambut dan melindungi rambut dari kerusakan.
  • Vitamin E, bermanfaat untuk menjadikan rambut tampak lebih berkilau.

 

4. Lindungi rambut dari sinar ultraviolet secara langsung.

Banyak orang yang masih belum menyadari bahkan menganggap sepele akan pentingnya melindungi rambut dari sinar ultraviolet secara langsung. Apalagi hal ini menjadi rutinitas setiap harinya dan dalam kurun waktu yang lama.

Sudah dapat dipastikan, rambut Anda pun lambat laun akan mengalami kerusakan. Memang dampak negatifnya tidak akan langsung terlihat, tapi sedikit demi sedikit kesehatan rambut Anda akan menurun.

Hal ini dikarenakan sel rambut merupakan sel mati, berbeda dengan kulit yang selalu mengalami regenerasi, sehingga bisa menggunakan sunblock maupun pelindung kulit lainnya. Meskipun Anda sering memotong rambut, bukan bearti rambut yang akan tumbuh berikutnya sama bagusnya dengan rambut Anda sebelum rusak.

Maka dari itu, bersyukurlah bagi wanita yang mengenakan hijab, karena bisa melindungi rambut dari sinar ultraviolet saat berada di luar ruangan. Tapi bagi Anda yang tidak berhijab bukan berarti Anda tidak bisa melindungi rambut, Anda masih bisa mengenakan topi, turban, maupun sejenisnya untuk melindungi rambut dari paparan sinar ultraviolet secara langsung.

 

5. Rajin membersihkan rambut.

Tahukah Anda, rambut kotor merupakan salah satu faktor penyebab rambut menjadi rusak. Bukan hanya kusam, bau dan lepek saja yang akan Anda dapatkan, jika Anda termasuk orang yang jarang dan malas untuk membersihkan rambut (keramas). Tapi juga hal itu merupakan pemicu timbulnya kotombe.

Maka dari itu, Anda harus rajin untuk membersihkan rambut. Tapi bukan bearti setiap mandi Anda harus keramas. Ukuran normalnya maksimal 1 hari sekali. Karena terlalu sering keramas juga tidak baik untuk kesehatan rambut.

Pada saat Anda memilih jenis shampoo, usahakan Anda tepat dalam memilih dan sesuaikan dengan jenis dan tipe rambut serta kulit kepala. Karena pilihan yang tepat pada jenis shampoo juga mampu membantu Anda dalam menjaga dan merawat rambut. Juga mengatasi kerusakan rambut akibat sering melakukan smoothing maupun rebonding.

Tidak hanya terbatas pada pemilihan jenis shampoo yang tepat saja, Anda juga perlu memperhatikan kandungan pada jenis shampoo yang Anda pilih. Usahakan shampoo yg Anda pilih mengandung berbagai vitamin E, B3, B5 dan jenis multivitamin lainnya. Vitamin E selain terkenal mampu menjaga kesehatan dan kelembaban kulit, juga bermanfaat untuk mengatasi rambut rontok, kusam dan rusak. Begitu juga dengan multivitamin lainnya yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut.

 

6. Pemakaian kondisioner setelah keramas.

Tidak sedikit wanita yang menganggap sepele pemakaian kondisioner setelah keramas. Padahal manfaatnya sangat besar untuk membantu mengatasi kerusakan rambut.

Hampir sama dengan vitamin E, kondisioner juga mampu mengatasi kerusakan rambut akibat seringnya melakukan smoothing dan rebonding. Karena kondisioner bisa merawat rambut hingga ke akarnya dan juga mampu menjaga rambut agar tetap lembab.

Tapi perlu diingat, tidak semua jenis rambut dan kulit kepala cocok menggunakan kondisioner. Terutama jenis rambut berminyak. Disarankan bagi Anda yang memiliki tipe rambut berminyak, untuk menghindari penggunaan kondisioner, cukup menggunakan shampoo saja atau creambath.

 

7. Creambath secara berkala.

Kenapa creambath dianggap penting dalam hal perawatan rambut? Karena creambath yang dilakukan secara berkala mampu mengembalikan rambut yang sudah rusak. Tidak hanya itu saja, creambath juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit kepala.

Sebaiknya Anda melakukan creambath secara rutin minimal sebulan sekali, lebih bagus lagi setiap 2 minggu sekali. Agar kesehatan rambut dan kulit kepala Anda tetap terjaga.

 

8. Memotong rambut tiap 1 bulan sekali.

Terkesan sepele memang, namun pemotongan rambut maupun ujung rambut secara berkala (1 bulan sekali) termasuk salah satu cara ampuh untuk mengatasi rambut rusak. Bahkan untuk masalah rambut rusak parah sekalipun, seperti rambut bercabang dan sebagainya.

Jadi, perawatan rambut rusak tidak selalu mengandalkan pemakaian shampoo yang tepat, kondisioner, dan jenis pengobatan rambut lainnya, tapi pemotongan rambut secara berkala pun terbilang ampuh.

 

9. Tonik rambut.

Rambut rontok merupakan hal yang wajar dan biasa terjadi pada semua orang. Tapi bukan bearti Anda harus membiarkannya begitu saja. Karena tingkat kerontokan rambut bisa dijadikan indikasi apakah rambut Anda mengalami kerusakan ataukah normal.

Salah satu cara yang terbilang ampuh untuk mengatasi rambut rontok adalah dengan cara pemakaian tonik rambut. Baik tonik rambut yang sudah beredar di pasaran maupun Anda meraciknya sendiri.

Mungkin akan lebih baik lagi jika Anda bisa meracik tonik rambut sendiri dengan memanfaatkan bahan-bahan herbal maupun tanaman di sekitar rumah Anda, seperti: bawang merah, kemiri, putih telur, yogurt, dan lain sebagainya. Kami akan membahas cara meracik tonik secara alami beserta manfaatnya satu persatu pada artikel selanjutnya.

Namun bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu luang, tidak ada salahnya untuk memakai tonik rambut yang sudah jadi. Karena kandungan bahan-bahan yang terkandung di dalamnya pun tidak kalah bagusnya dengan tonik rambut racikan sendiri (tonik rambut berbahan alami).

Setelah Anda mengetahui tips dan cara merawat dan mengobati rambut rusak, kira-kira apa saja yang harus Anda hindari pada saat rambut Anda mengalami kerusakan.  Karena jika Anda sudah melakukan beberapa cara untuk mengobati rambut rusak tapi Anda juga melakukan hal yang seharusnya dihindari pada saat rambut rusak, maka usaha Anda akan sia-sia. Untuk itu lah Anda tidak boleh melewatkan poin yang satu ini.

Berikut beberapa hal yang harus Anda hindari pada saat Anda mengalami rambut rusak, terutama pada saat Anda menjalani proses perawatan rambut:

1. Jangan sisir rambut di saat basah.

Kebiasaan yang satu ini memang agak sulit ditinggalkan. Karena biasanya orang cenderung akan menyisir rambutnya setelah keramas, baik dalam keadaan basah/agak basah, kecuali anda mengeringkan rambut terlebih dahulu dengan menggunakan hair dryer (alat pengering rambut tercepat).

Padahal, tahukah Anda, menyisir rambut pada saat masih basah, justru akan merusak rambut. Hal ini dikarenakan, saat rambut basah merupakan saat lemahnya kondisi rambut. Sehingga pada saat Anda menyisirnya, rambut Anda akan rawan patah dan rontok.

Solusinya: Anda bisa menunggu beberapa menit baru menyisirnya. Dan sisir yang Anda gunakan pun usahakan memiliki rongga/gigi yang renggang (tidak rapat).

 

2. Jangan menggosok rambut dengan handuk setelah keramas.

Sama halnya dengan poin pertama, menggosok rambut dengan handuk setelah keramas juga bisa meningkatkan jumlah kerontokan rambut.

Mungkin niat Anda agar rambut bisa cepat kering. Padahal, kondisi rambut mengalami masa lemah di saat masih basah. Sehingga mengakibatkan banyak rambut rontok yang menempel di handuk setelah digosok.

Solusinya: bungkus rambut Anda dengan menggunakan handuk yang tebal dan lembut selama beberapa menit hingga air sisa keramas bisa terserap oleh handuk. Setelah itu biarkan rambut kering dengan sendirinya.

 

3. Kurangi mengikat rambut.

Tidak sedikit wanita yang suka dengan rambut terikat. Selain membuat penampilan lebih rapi, juga bisa mengurangi rambut rontok (menurut versi mereka).

Mungkin alasan tersebut ada benarnya juga (dengan catatan kuantitas mengikat rambut yang tidak terlalu sering). Tapi, terlalu sering mengikat rambut, justru akan membuat rambut Anda sulit untuk ditata. Akibatnya, rambut Anda menjadi semakin rontok.

 

4.Keramas maksimal 1x sehari.

Mungkin kebiasaan ini sudah biasa bagi seorang wanita, tapi bagi pria agak sedikit berbeda. Karena tidak sedikit pria yang keramas lebih dari 2x dalam sehari dengan alasan rambut selalu fresh dan segar sehingga membuat aktivitas menjadi semakin bersemangat, atau dengan alasan yang sedikit konyol (pria akan terlihat lebih macho/keren pada saat rambutnya selalu basah), maupun alasan lainnya.

Mau alasan apapun itu, yang jelas, keramas lebih dari 1x sehari bisa mengurangi produksi minyak rambut yang ada. Dimana minyak rambut tersebut mampu melindungi rambut dari sinar ultraviolet dan menjaga rambut untuk selalu dalam keadaan lembab.

Sehingga intensitas keramas yang terbilang sering (lebih dari 1x sehari) akan membuat rambut menjadi kering, kusam dan rusak. Karena berkurangnya jumlah kandungan minyak rambut yang seharusnya ada.

 

5.Rutin memijat rambut.

Hal ini memang terlihat sepele dan tidak semua orang bisa rutin melakukannya. Padahal manfaat dari rutin memijat rambut secara lembut sangat lah besar, yaitu bisa melancarkan sirkulasi darah di kulit kepala.

Sama halnya dengan badan kita, kulit kepala pun terkadang mengalami ketegangan, apalagi setelah Anda seharian beraktivitas, terutama aktivitas di luar ruangan. Jadi tidak ada salahnya, sepulang kerja Anda mandi dan keramas sambil memijat rambut maupun kulit kepala secara lembut.

 

6.Lindungi rambut dari sinar ultraviolet secara langsung, debu maupun polusi pada saat Anda melakukan perawatan rambut.

 

7.Hindari keramas dengan air hangat maupun panas.

Pastinya akan terasa lebih nyaman pada saat keramas dengan menggunakan air hangat. Namun, efek negatif dari kebiasaan ini, memicu timbulnya kotombe yang membuat rambut menjadi gatal, kotor dan rusak. Dan juga mengakibatkan rambut menjadi kering dan kusam.

 

8.Jangan tidur dalam kondisi rambut basah.

Memang tidak dapat dipungkiri, rasa kantuk akan segera tiba pada saat rambut Anda basah (setelah keramas). Makanya, tidak heran jika banyak sekali wanita maupun pria yang langsung tidur setelah keramas (tanpa mengeringkannya terlebih dahulu).

Padahal, kebiasaan ini justru malah bisa membuat rambut Anda rusak, yaitu mengalami kerontokan rambut. Apalagi bagi Anda yang memiliki masalah dengan rambut rontok, sebaiknya kebiasaan ini perlu untuk ditinggalkan.

 

9.Kurangi pemakaian hairdryer (pengering rambut).

Tidak sedikit orang yang lebih suka mengeringkan rambutnya dengan menggunakan pengering rambut, terutama bagi wanita. Karena merupakan cara pengeringan rambut instan dibandingkan dengan cara lainnya.

Padahal tahukah Anda, hairdryer (pengering rambut) bisa menyebabkan rambut rusak. Bahkan bisa membahayakan rambut Anda (jika terlalu sering menggunakannya). Dampak negatif dari penggunaan hairdryer akan kami bahas pada artikel selanjutnya.

Bagaimana komentar Anda?