Cara Membuat MPASI Bayi 7 Bulan Bubur Sumsum Saos Mangga

Buah mangga termasuk salah satu buah yang berserat tinggi, hal ini terkadang menyebabkan diare pada sebagian bayi. Sehingga buah mangga bisa Anda jadikan menu MPASI 7 bulan atau MPASI 8 bulan ke atas.

Dengan dipadukan bubur sumsum tepung beras putih, buah mangga bisa dijadikan saos untuk bubur sumsum lho. Mengingat di usia MPASI pertama bayi, sebaiknya hindari perasa dari garam, gula, maupun penyedap rasa lainnya.

Santan cair bisa Anda jadikan sebagai perasa bubur, sehingga bubur sumsum tidak terlalu hambar, karena ada sedikit rasa gurih dari santan. Ditambah rasa manis alami dari saos mangga, yang membuat bubur sumsum saos mangga ini semakin menggugah selera.

Cara Mudah Membuat MPASI Bubur Sumsum Saos Mangga
Buah mangga terkadang bisa menyebabkan diare pada bayi

Dan makanan bayi yang berbahan mangga sebaiknya disajikan kapada bayi secara bertahap, sedikit demi sedikit, karena mangga terkadang memicu alergi pada sebagian bayi, salah satunya diare.

Pastikan Anda memilih jenis mangga yang benar-benar matang dan manis. Dan jangan membuat bubur bayi dari mangga yang telah dikupas dan dipotong-potong lalu didiamkan lebih dari 1 hari. Usahakan selalu menggunakan buah mangga yang baru saja dipotong.

Baca Juga: Cara Membuat MPASI Puree Alpukat Ubi Jalar

Tutorial Membuat MPASI Bayi 7 Bulan Bubur Sumsum Saos Mangga

Bahan MPASI Bubur Sumsum Saos Mangga

Berikut bahan untuk membuat MPASI bayi 7 bulan berupa bubur sumsum saos mangga:

  • 1 buah mangga ukuran kecil.
  • 2 sdm tepung beras putih.
  • 1 sdm santan cair (larutkan dengan 20 sdm air matang).

Cara Membuat MPASI Bubur Sumsum Saos Mangga untuk Bayi 7 Bulan

  1. Buat bubur sumsum dengan cara siapkan panci, tuang tepung beras dan larutkan dengan air santan. Aduk-aduk hingga tidak ada yang bergelindir.
  2. Lalu nyalakan kompor dengan api kecil sambil terus diaduk, agar tepung tidak menggumpal.
  3. Setelah bubur agak mengental dan meletup-letup, matikan api, dan biarkan bubur dingin.
  4. Kupas mangga, cuci bersih lalu potong-potong dan hancurkan dengan saringan MPASI, atau bisa diblender.
  5. Setelah bubur sumsum dingin, ambil 3 sdm di wadah MPASI lalu siram dengan saos mangga. 6. MPASI bayi 7 bulan bubur sumsum saos mangga siap disajikan.

One Response

Leave a Reply