5 Efek Samping pada Rambut Anda Akibat Kelebihan Jeruk Nipis

Seperti yang kita ketahui sebelumnya, kandungan gizi dan nutrisi pada jeruk nipis baik untuk kesehatan wajah, rambut dan tubuh Anda. Karena kandungan yang terdapat pada jeruk nipis (terutama vitamin C). Tidak heran jika jeruk nipis merupakan salah satu bahan masker rambut dan kondisioner alami untuk perawatan rambut.

Manfaat jeruk nipis bagi kesehatan rambut sangatlah banyak. Bagi Anda yang belum tahu detail manfaatnya, baca artikel kami sebelumnya ya (Manfaat Jeruk Nipis untuk Rambut dan Cara Membuat Hair Tonic Alami di Rumah).

Namun, pemakaian jeruk nipis yang berlebihan bisa berdampak buruk pada kesehatan rambut Anda, bahkan bisa berakibat fatal.

5 Efek Samping pada Rambut Anda Akibat Kelebihan Jeruk Nipis
Meskipun sangat bermanfaat, ternyata terdapat pula efek sampingnya bagi rambut.

Berikut beberapa efek samping akibat kelebihan jeruk nipis bagi kesehatan rambut yang perlu Anda waspadai:

1. Rambut rontok.

Jeruk nipis kaya akan kandungan vitamin C. Vitamin C inilah yang dipercaya mampu mengatasi dan mencegah rambut rontok. Namun, pemakaian yang berlebihan justru malah berakibat fatal, hingga membuat rambut Anda semakin rontok.

5 Efek Samping pada Rambut Anda Akibat Kelebihan Jeruk Nipis
Ilustrasi kerontokan akibat jeruk nipis

Hal ini dikarenakan ada penolakan alami dalam tubuh Anda terhadap kadar asam dari jeruk nipis yang berlebihan. Jadi gunakan kondisioner jeruk nipis maupun obat perawatan rambut lainnya yang berbahan dasar jeruk nipis sewajarnya.

Penggunaan masker rambut dengan jeruk nipis sebaiknya diaplikasikan pada rambut 1-2 kali dalam seminggu. Jangan sampai Anda menyesal, karena saking semangatnya ingin mengurangi kerontokan rambut yang Anda derita, tapi karena pemakaian yang tidak tepat (terlalu sering menggunakan masker/kondisioner berbahan jeruk nipis), akhirnya kerontokan rambut yang Anda alami justru malah semakin banyak atau parah.

2. Rambut kering dan kelembaban berkurang.

Salah satu manfaat jeruk nipis adalah mampu mengatasi dan mengobati kulit berminyak. Kandungan vitamin C yang terkandung di dalamnya tidak hanya mampu mengatasi kulit wajah berminyak saja, tetapi juga mampu untuk mengatasi rambut berminyak akibat produksi minyak di kulit kepala yang berlebihan.

5 Efek Samping pada Rambut Anda Akibat Kelebihan Jeruk Nipis
Ilustrasi rambut kering akibat jeruk nipis.

Meskipun demikian, Anda tidak boleh serta merta menggunakan masker maupun kondisioner rambut berbahan jeruk nipis secara berlebihan dan penggunaan dalam intensitas yang terbilang sering. Karena penggunaan jeruk nipis yang berlebihan justru akan mengurangi kelembaban rambut sehingga rambut Anda menjadi kering dan kusam.

3. Rambut menjadi gatal dan berketombe.

Pemakaian jeruk nipis yang berlebih bisa menyebabkan kulit kepala kering, sehingga kulit akan rawan gatal dan berketombe. Hal ini dikarenakan sifat asam yang terkandung di jeruk nipis mampu mengurangi minyak di kulit kepala, dimana minyak tersebut berfungsi untuk menjaga agar rambut tetap lembab.

5 Efek Samping pada Rambut Anda Akibat Kelebihan Jeruk Nipis
Ilustrasi rambut berketombe akibat jeruk nipis.

Dan jika dosis pemakaiannya tidak diperhatikan, maka produksi minyak di kulit kepala akan berkurang  sehingga timbul gatal dan ketombe.

4. Menghambat pertumbuhan rambut.

Salah satu faktor yang mempengaruhi pertumbuhan rambut adalah hormon yang terdapat di tubuh kita. Asupan gizi dan nutrisi yang kita konsumsi ternyata erat hubungannya dengan kinerja hormon, begitu juga dengan zat maupun obat yang kita aplikasikan langsung di kulit kita. Karena nutrisi yang terkandung di dalamnya akan diserap tubuh melalui pori-pori.

5 Efek Samping pada Rambut Anda Akibat Kelebihan Jeruk Nipis
Ilustrasi rambut lambat tumbuh akibat jeruk nipis.

Nah, jika Anda mengkonsumsi jeruk nipis atau mengaplikasikannya di kulit kepala secara berlebihan, maka secara tidak langsung akan mempengaruhi keseimbangan hormon yang bertugas membantu proses pertumbuhan rambut. Salah satunya adalah hormon DHT (Dihydrotestosterone). Hormon ini terkenal dengan julukan hormon penyebab kebotakan pada pria dan penyebab kerontokan rambut pada wanita.

Jika Anda termasuk orang yang memiliki hormon ini secara berlebih, maka kemungkinan besar Anda akan mengalami kebotakan. Maka dari itu, konsumsilah makanan sewajarnya agar nutrisi dan gizi yang Anda dapatkan bisa seimbang. Begitu juga aplikasikan obat atau masker rambut dengan kadar dan dosis yang tidak berlebihan, sehingga hormon di tubuh Anda seimbang dan pertumbuhan rambut Anda pun lancar dan tidak terhambat.

5. Kulit kepala luka dan iritasi.

Kulit merupakan bagian terluar tubuh yang kontak langsung dengan zat-zat di sekitarnya, termasuk juga kulit kepala.

Ada beberapa orang yang memiliki kecenderungan sifat alergi terhadap obat atau bahan tertentu, salah satunya jeruk nipis.

Memang sebagian besar orang sudah biasa makan atau memakai obat yang berbahan jeruk nipis, tapi lain halnya jika jeruk nipis ini (terutama bagi mereka yang memiliki riwayat alergi jeruk nipis) digunakan dalam jumlah yang sering dan dengan dosis yang berlebihan.

5 Efek Samping pada Rambut Anda Akibat Kelebihan Jeruk Nipis
Ilustrasi kulit kepala iritasi akibat sebab jeruk nipis.

Sifat asam (vitamin C) yang terdapat di jeruk nipis terkadang bisa memicu timbulnya alergi di kulit kepala. Sehingga dapat mengakibatkan iritasi kulit kepala, kemerahan, luka, bahkan bisa mengelupas.

Inilah 5 efek samping pada rambut Anda akibat pemakaian jeruk nipis yang berlebihan. Setelah Anda baca artikel kecantikan rambut ini, jangan sampai salah cara ya. Karena pemakaian jeruk nipis yang berlebihan bisa berakibat buruk dan merusak rambut Anda. Semoga artikel perawatan rambut ini bermanfaat.

Baca juga: Cara Merawat dan Mengatasi Rambut Rusak dengan Baik dan Benar

Leave a Reply