Cara Membuat Menu MPASI 6 Bulan Puree Kentang Bayam

Apa itu MPASI?

MPASI adalah Makanan Pendamping ASI. Makanan pendamping ya, bukan pengganti ASI. Karena banyak orangtua yang salah paham. Kalau bayi sudah diberikan MPASI, maka jatah ASI bisa dikurangi, atau bahkan dinomorduakan. Padahal, pemberian berbagai menu MPASI harus bersamaan dengan ASI. Pemberian MPASI dibutuhkan karena asupan dari ASI saja dirasa kurang mencukupi kebutuhan si kecil.

Menu MPASI 6 Bulan Puree Kentang Bayam
Puree kentang bayam, MPASI untuk anak umur 6 bulan.

Lalu, usia berapa bulan bayi mulai diberikan MPASI?

Memang, usia pemberian MPASI setiap orang berbeda, pasalnya ada banyak pendapat yang membahas usia ideal bayi mulai diperkenalkan dengan makanan selain ASI.

Ada yang memberikan MPASI sejak bayi usia 4 bulan, ada yang masuk usia 5 bulan, ada yang menginjak 6 bulan, dan genap setelah usia 6 bulan. Pemberian MPASI yang lebih cepat (sebelum usia 6 bulan) bisa saja terjadi, jika secara medis memang diperlukan.

Saya pribadi ikut pendapat yang terakhir, yaitu setelah bayi genap usia 6 bulan (sesuai saran bidan langganan kami ceck up). Jadi saat si kecil berusia 6 bulan 1 hari, baru lah saya berikan MPASI.

Cara membuat MPASI

Resep makanan bayi 6 bulan identik dengan makanan yang dihaluskan (puree), baik menggunakan blender maupun ditumbuk. Dimana si kecil baru belajar untuk mengunyah makanan selain ASI, jadi MPASI harus bertekstur lembut, halus, dan sedikit encer (tidak terlalu kental).

Selain tekstur yang lembut, menu MPASI juga sebaiknya tanpa ada tambahan bumbu perasa seperti: garam, gula, maupun penyedap rasa lainnya. Anda hanya bisa menambahkan perasa sedikit dari kaldu ayam, kaldu ikan, kaldu daging, unsalted butter, atau olive oil.

Jika kebetulan tidak ada salah satu dari perasa tambahan di atas, maka Anda bisa menggantinya dengan ASIP (ASI perah), susu formula, maupun air matang.

Ada juga sebagian orangtua yang menambahkan santan atau minyak sayur (minyak sayur yang biasa kita pakai masak). Memang, santan dan minyak sayur dibolehkan, tapi harus dalam jumlah sedikit dan sewajarnya. Karena santan termasuk makanan yang sulit untuk dicerna.

Dan untuk menu MPASI yang berbahan ayam, ikan, maupun daging (yang cenderung bau amis) bisa ditambahkan bawang putih, atau dengan bawang merah.

Dan ditambahkan perasan jeruk nipis sebelum diolah. Anda juga bisa menambahkan daun salam maupun seledri saat proses memasaknya.

Lalu apa saja menu MPASI usia 6 bulan?

Untuk kali ini kami berbagi resep MPASI 6 bulan berbahan kentang dan bayam, yaitu pure kentang bayam.

Membuat MPASI Pure Kentang Bayam

Bahan-bahan untuk membuat resep menu MPASI 6 bulan pure kentang bayam:

  • ½ kentang ukuran sedang.
  • 7 helai daun bayam segar.

Cara membuat MPASI 6 bulan pure kentang bayam:

  1. Cuci bersih kentang, kupas lalu ambil separuh, potong-potong agak tipis, sisihkan.
  2. Cuci bersih bayam, sisihkan.
  3. Siapkan panci berisi air untuk merebus kentang. Tunggu hingga kentang agak empuk.
  4. Setelah itu, masukkan daun bayam dan rebus hingga keduanya empuk.
  5. Haluskan kentang dan bayam dengan sedikit air rebusan tadi.
  6. Lalu saring.
  7. Jika terlalu kental, Anda bisa menambahkan sisa air rebusan tadi hingga dapat kekentalan yg sesuai dengan bayi Anda.
  8. Sajikan dengan penuh cinta.

Catatan tambahan: Anda bisa merebus kentang dan bayam secara terpisah atau bergantian. Namun, bisa juga digabung seperti cara di atas agar prosesnya lebih cepat.

4 Comments

Leave a Reply