16 Bahan Alami untuk Cegah Rambut Rontok dan Rusak

Rambut sehat dan indah adalah dambaan setiap orang. Tidak hanya kaum wanita saja yang menganggap rambut adalah sebagai mahkota, bahkan kaum pria pun sama. Sehingga tidak heran jika orang melakukan perawatan yang ketat agar kesehatan dan keindahan rambut mereka selalu terjaga.

Meskipun banyak orang yang lebih tertarik untuk melakukan perawatan di salon kecantikan dibandingkan dengan di rumah, dengan alasan yang lebih simple dan tidak perlu capek untuk melakukan segala perawatan  sendirian. Tidak sedikit orang yang lebih memilih untuk melakukan perawatan di rumah sendiri.

16 Bahan Alami untuk Cegah Rambut Rontok dan Rusak
Salon kecantikan

Kenapa demikian? Karena perawatan di salon kecantikan belum tentu bahan perawatan yang digunakan terhindar dari produk-produk kimia, sehingga orang lebih memilih untuk melakukan perawatan rambut di rumah dengan memanfaatkan bahan alami yang dipercaya tanpa memiliki efek samping apapun.

Belum lagi ditambah efek panas dari pemakaian hair dryer yang perlu Anda pertimbangkan. Dan juga bahaya yang akan timbul dan mempengaruhi kesehatan rambut Anda. Untuk mengetahui bahaya dan efek samping dari pemakaian hair dryer yang berlebihan, silahkan baca artikel sebelumnya yang berjudul: Teknik Keramas dan Cara Menggunakan Hair Dryer yang Baik dan Benar.

Sebelum kita membahas apa saja 16 bahan alami rumahan untuk cegah rambut rontok dan rusak, dan cara mengobati berbagai masalah kerusakan rambut yang dialami beberapa orang. Ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa sih penyebab rambut bisa rontok dan rusak?

16 Bahan Alami untuk Cegah Rambut Rontok dan Rusak
Jaga rambut agar terhindar dari kerusakan.

Karena pada saat Anda mengetahui penyebabnya, maka akan memudahkan Anda dalam pemilihan bahan alami untuk mencegah kerusakan rambut. Dan jika bahannya tepat, maka hasil yang akan Anda dapatkan pun bisa maksimal.

Pada dasarnya, rambut kering bisa terjadi dikarenakan berkurangnya kelembaban rambut. Nah, berkurangnya kelembaban rambut itu sendiri biasanya seringkali timbul karena adanya 2 faktor yang menjadi pemicu utamanya.

a. Rusaknya kutikula rambut.

Faktor pertama penyebab berkurangnya kelembaban rambut adalah rusaknya bagian terluar rambut, yang biasanya disebut dengan istilah kutikula. Padahal fungsi utama dari kutikula ini adalah sebagai pelindung rambut.

Rusaknya kutikula rambut ini bisa terjadi karena banyak faktor, antara lain; pemakaian hair dryer yang berlebihan, sering mengecat rambut, rebonding, pengkeritingan rambut, maupun proses styling rambut lainnya, dan lain sebagainya. Hal ini jika dilakukan secara terus menerus, maka akan menyebabkan kutikula terkelupas dan pada akhirnya kelembaban rambut pun berkurang.

b. Usia.

Faktor kedua penyebab berkurangnya kelembaban rambut adalah faktor usia. Dimana seiring bertambahnya usia, kulit kepala akan menghasilkan minyak yang semakin sedikit. Sehingga tingkat kelembaban rambut akan berkurang seiring bertambahnya usia.

Berikut 16 bahan alami rumahan untuk mencegah dan mengobati rambut rontok dan rusak:

1. Putih telur

Hampir semua orang pasti suka dengan makanan murah meriah yang kaya akan kandungan protein ini. Tapi jika masih mentah, pasti terbayang dengan bau amis yang terkadang dianggap menjijikkan oleh sebagian orang.

16 Bahan Alami untuk Cegah Rambut Rontok dan Rusak
Puti terlur baik untuk rambut

Padahal putih telur, selain enak untuk dimakan dan kandungan protein yang baik untuk tubuh, juga bisa digunakan untuk perawatan wajah (masker) lho, dan bisa digunakan untuk perawatan rambut, bahkan dipercaya ampuh untuk mengatasi rambut rontok. Selain itu, kandungan protein yang terdapat pada putih telur juga mampu membuat rambut Anda menjadi tebal dan kuat.

Penasaran ingin tahu cara merawat rambut dengan putih telur? Simak langkah-langkahnya berikut ini:

  • Pisahkan putih telur dari kuningnya. Dan taruh di sebuah mangkok kecil.
  • Basahi rambut Anda terlebih dahulu dari ujung hingga pangkal rambut sampai merata.
  • Oleskan putih telur yang sudah disiapkan ke seluruh rambut Anda (gunakan kuas jika dirasa perlu).
  • Bungkus rambut Anda dengan menggunakan shower cap (penutup kepala atau rambut untuk mandi) dan diamkan hingga kurang lebih selama 1 jam.
  • Cuci bersih rambut Anda dengan menggunakan shampo untuk menghilangkan bau amis. Dan bilas dengan air bersih hingga bau dan busanya hilang.
  • Jika Anda tidak tahan dengan bau amisnya putih telur, maka Anda bisa mencampurkan putih telur dengan bahan herbal lainnya, seperti: lidah buaya, jahe, jeruk nipis, dan bahan alami lainnya.

2. Lidah buaya

Memang, hingga saat ini belum ditemukan penelitian secara ilmiah tentang khasiat lidah buaya untuk mengatasi rambut rusak. Akan tetapi, ini merupakan warisan turun temurun dari nenek moyang hingga saat ini. Maka tidak heran jika banyak sekali perusahaan produk perawatan rambut yang memproduksi produk mereka, baik berupa shampo, kondisioner, hair tonic, maupun vitamin rambut lainnya dengan memanfaatkan ekstrak lidah buaya untuk dijadikan sebagai bahan utama.

16 Bahan Alami untuk Cegah Rambut Rontok dan Rusak
Lidah buaya sangat bermanfaat bagi rambut.

Tidak hanya mampu membuat rambut menjadi tebal, lidah buaya atau yang dikenal dengan nama lain aloe vera juga dipercaya ampuh untuk mengatasi rambut rusak, karena lidah buaya mengandung enzim yang secara langsung bisa membantu dan mempercepat pertumbuhan rambut.

Cara merawat rambut dengan menggunakan bahan alami lidah buaya ini pun terbilang sangat mudah, yaitu:

  • Basahi rambut Anda terlebih dahulu, dan biarkan sejenak hingga setengah kering.
  • Potong-potong lidah buaya menjadi potongan kecil agar memudahkan Anda untuk membelahnya.
  • Gosok-gosokkan daging lidah buaya yang sudah dibelah hingga lendir merata di seluruh bagian rambut dan kulit kepala.
  • Diamkan selama 15 hingga 20 menit. Lalu bilas dengan air hingga bersih.

Manfaat dari lidah buaya atau aloe vera selain untuk mengatasi rambut rusak, membuat rambut menjadi tebal dan kuat, membantu proses pertumbuhan rambut, juga dipercaya mampu menghitamkan rambut secara alami. Caranya pun hampir sama dengan cara di atas, yaitu mengoleskan atau menggosok-gosokkan lendir lidah buaya ke seluruh rambut secara merata sambil pijat kulit kepala. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas hingga bersih.

3. Teh hijau.

Bagi penggemar diet, terutama wanita pasti sudah tidak asing lagi dengan jenis teh yang satu ini. Gimana tidak, teh hijau selama ini dipercaya baik untuk menurunkan berat badan, mengecilkan perut dan juga mengurangi nafsu makan.

16 Bahan Alami untuk Cegah Rambut Rontok dan Rusak
Teh hijau sangat bermanfaat bagi rambut.

Selain baik untuk proses diet, teh hijau juga baik untuk perawatan rambut lho. Dengan teh hijau, peredaran darah menuju ke rambut menjadi lancar. Hal ini dikarenakan teh hijau mengandung aktioksidan yg tinggi, sehingga pertumbuhan rambut pun menjadi cepat.

  • Caranya pun cukup mudah, yaitu:
  • Seduh teh hijau (tanpa gula).
  • Diamkan beberapa menit hingga teh hangat.
  • Siramkan air seduhan teh hijau ke rambut Anda hingga merata.
  • Bungkus rambut Anda menggunakan handuk hangat.
  • Diamkan selama kurang lebih 15 menit.
  • Bilas rambut Anda dengan air hingga bersih.

4. Minyak Kemiri.

Tidak sedikit pabrik herbal yang menawarkan minyak kemiri untuk perawaran rambut. Selain dipercaya untuk mengatasi masalah kerusakan rambut terutama rambut rontok, minyak kemiri juga mampu membuat rambut menjadi hitam, menguatkan akar rambut, dan merangsang pertumbuhan rambut.

16 Bahan Alami untuk Cegah Rambut Rontok dan Rusak
Minyak kemiri sangat bermanfaat bagi rambut.

Memang banyak sekali produk minyak kemiri di pasaran, Anda tinggal pilih salah satu merk yang ada. Tapi meskipun sudah tersedia berbagai merk minyak kemiribukan bearti Anda tidak bisa membuatnya sendiri ya. Karena bagi sebagian orang, perawatan rambut dengan bahan alami apalagi dibuat sendiri di rumah dirasa lebih aman dan bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal dibandingkan beli yang sudah jadi.

Nah, bagi Anda yang tertarik untuk membuat minyak kemiri di rumah, berikut langkah-langkah yang harus Anda kerjakan, yaitu:

  • Tumbuk beberapa butir kemiri menjadi pecahan kasar lalu sangrai.
  • Setelah disangrai, tumbuk kemiri hingga halus dan mengeluarkan minyak.
  • Olesi rambut Anda dengan minyak kemiri tersebut hingga merata.
  • Diamkan beberapa menit. Setelah itu Anda bisa membersihkan rambut dengan menggunakan shampo hingga bersih.

5. Buah alpukat.

Buah yang lezat dimakan ini, selain enak untuk dijadikan jus, karena  kandungan protein yg tinggi, omega 3, dan juga lemak tak jenuh, juga baik untuk pencernaan, terutama ampuh untuk mengatasi sembelit.  Selain itu, buah alpukat ternyata. dipercaya mampu untuk mengatasi rambut rusak lho.

Tidak hanya itu saja, buah ini dipercaya mampu menguatkan rambut, merangsang pertumbuhan rambut lebih cepat, dan pastinya memberi nutrisi pada rambut Anda, karena kaya akan protein. Maka tidak heran jika buah alpukat menjadi salah satu bahan alami untuk mengatasi dan mencegah rambut rusak.

Cara pemakaiannya antara lain:

  • Haluskan daging buah alpukat seperti Anda membuat jus.
  • Balurkan halusan buah alpukat tadi ke seluruh rambut dan kulit kepala Anda hingga merata.
  • Diamkan selama kurang lebih 20 menit. Anda bisa menggunakan shower cap untuk membungkus rambut.
  • Cuci hingga bersih dengan menggunakan shampo.

6. Yogurt.

Mungkin selama ini Anda tahu yogurt merupakan produk olahan susu yang sangat bermanfaat untuk kesehatan, dan juga bisa mengencangkan dan mencerahkan wajah jika dipakai untuk masker.

Tapi tahukah Anda, selain manfaat di atas, yogurt juga mampu mengatasi rambut rusak terutama masalah rambut rontok. Kandungan yang terdapat pada yogurt dipercaya mampu menutrisi rambut sehingga bisa mengurangi kerontokan rambut.

Caranya pun mudah. Anda tinggal mengoleskan yogurt pada bagian kulit kepala, seperti Anda pakai master wajah. Usahakan tidak ada bagian kulit kepala yang terlewatkan. Diamkan selama 10 hingga 15 menit. Lalu bilas dengan air dan shampo hingga bersih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan cara ini 2 atau 3 kali dalam seminggu.

7. Bawang putih.

16 Bahan Alami untuk Cegah Rambut Rontok dan Rusak
Bawang putih sangat bermanfaat untuk rambut.

Bawang putih juga dipercaya ampuh untuk mencegah dan mengobati rambut rusak. Caranya sebagai berikut:

  • Haluskan beberapa siung bawang putih (sesuai kebutuhan Anda, hal ini dipengaruhi oleh ketebalan maupun tipisnya rambut).
  • Balurkan bawang putih yang sudah dihaluskan tadi sebagai masker rambut.
  • Diamkan selama beberapa menit. Bagi Anda yang tidak tahan dengan bau menyengatnya, Anda bisa membungkus rambut dengan menggunakan shower cap.
  • Langkah terakhir, keramasi dengan menggunakan shampo hingga bersih dan baunya pun hilang.

8. Jahe.

Selain untuk bumbu dapur dan juga bisa untuk minuman herbal, jahe juga dipercaya mampu mengatasi rambut rontok. Nggak percaya? Buktikan sendiri!

Berikut langkah-langkah perawatan dengan bahan alami berupa jahe:

  • Kupas kulit jahe dan cuci hingga bersih.
  • Parut jahe, atau Anda juga bisa menggunakan blender. Sebelum diblender, potong tipis-tipis atau memarkan jahe terlebih dahulu agar lebih mudah saat diblender.
  • Maskeri rambut Anda dengan menggunakan jahe yang sudah dihaluskan.
  • Diamkan selama beberapa menit.
  • Bersihkan rambut Anda dengan shampo hingga bersih.

Anda bisa menggabungkan parutan jahe dengan bawang putih, atau putih telur, atau bahan alami lainnya untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

9. Jeruk nipis.

Jeruk nipis yang biasanya dijadikan penambah rasa untuk menu berkuah seperti soto, dan juga sebagai obat tradisional dan obat alami untuk mengatasi masalah tenggorokan sakit, ternyata juga ampuh mengatasi rambut rontok.

16 Bahan Alami untuk Cegah Rambut Rontok dan Rusak
Banyak manfaat jeruk nipis untuk kesehatan.

Terutama bagi Anda yang memiliki masalah rambut berketombe, jeruk nipis ini dipercaya merupakan bahan alami yang ampuh untuk menghilangkan ketombe. Baca: Manfaat jeruk nipis untuk rambut dan cara membuat hait tonic alami di rumah.

Caranya:

  • Cuci bersih jeruk nipis.
  • Iris jeruk nipis menjadi beberapa irisan.
  • Gosok-gosokkan secara halus irisan jeruk nipis ke seluruh kulit kepala.
  • Pada bagian kulit yg berketombe, gosok lebih lama.
  • Diamkan selama kurang lebih 15 menit.
  • Cuci dengan menggunakan shampo hingga bersih.

Meskipun manfaat jeruk nipis bagi rambut sangatlah banyak, tapi bukan berarti Anda bisa memakainya sesuka hati ya, alias tanpa ada aturan dosis dan kuantitas pemakaiannya. Karena kelebihan jeruk nipis pun ternyata tidak baik untuk kesehatan rambut Anda. Baca: 5 efek samping pada rambut Anda akibat kelebihan jeruk nipis.

10. Minyak essensial atau minyak alami.

Memang ada beberapa jenis minyak essensial, tapi yang paling terkenal ampuh untuk mengatasi rambut rusak adalah minyak kelapa, minyak zaitun, dan minyak wijen.

Maka tidak heran jika leluhur dan para orang tua kita rela menghabiskan waktu dan tenaga untuk membuat minyak essensial sendiri sebagai obat perawatan rambut.

Minyak essensial yang seringkali dibuat sendiri di rumah adalah minyak kelapa. Karena menurut mereka hasil minyak yang dibuat sendiri lebih terjamin kualitasnya daripada yang buatan pabrik. Selain cara membuatnya mudah, ampas minyak kelapa tersebut juga bisa dikonsumsi.

Tapi bagi Anda yang tidak memiliki waktu luang banyak dan juga tidak tersedianya bahan mentah untuk membuat minyak essensial sendiri di rumah, tidak ada salahnya untuk menggunakan minyak essensial yang sudah tersedia di pasaran. Dengan catatan Anda harus pintar memilah dan memilih, dan pastikan produk yang Anda beli kandungannya sesuai dengan kebutuhan rambut Anda.

16 Bahan Alami untuk Cegah Rambut Rontok dan Rusak
Minyak essensial bagus untuk rambut.

Beberapa minyak essensial ini dipercaya mampu menguatkan akar rambut, sehingga kerontokan rambut bisa berkurang. Selain itu, pemijatan dengan minyak essensial ini mampu membantu melancarkan peredaran darah ke folikel rambut, sehingga folikel rambut tetap aktif.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda tidak perlu membalurkan minyak essensial ke seluruh rambut dan kulit kepala setiap hari, tapi cukup Anda lakukan rutin 2 kali dalam seminggu. Dan yang paling penting, lakukan pemijatan pada seluruh bagian kulit kepala selama beberapa menit.

11. Hair Tonic.

Ada beberapa macam jenis hair tonic yang berbahan dasar berbeda dan manfaatnya pun pastinya berbeda. Anda bisa menyisakan sedikit uang untuk membeli hair tonic yang tentunya sesuai dengan kebutuhan rambut Anda, dan pastikan hair tonic tersebut berbahan dasar herbal alami.

Jika Anda memiliki masalah rambut rontok misalnya, Anda disarankan untuk memilih hair tonic yang berbahan dasar gingseng, salah satunya adalah red gingseng hair tonic. Hair tonic ini dipercaya mampu mencegah rambut rapuh, kusam, kering dan lain sebagainya, yang pada akhirnya akan berakibat pada rambut rontok.

Untuk manfaat hair tonic lainnya, macam-macam hair tonic, cara pemakaian hair tonic yang baik dan benar, dan segala hal mengenai hair tonic sudah kami jelaskan di artikel sebelumnya ya: Apa itu hair tonic? Jenis-jenis hair tonic dan Bagaimana cara membuatnya?

12. Jus daun seledri.

Anda tidak pernah mengira sebelumnya bukan, bahwa daun seledri yang sering Anda temukan di sayur sop ternyata cukup ampuh untuk merawat rambut rusak.

16 Bahan Alami untuk Cegah Rambut Rontok dan Rusak
Banyak manfaat daun seledri bagi kesehatan.

Jus daun seledri dipercaya bisa membuat rambut Anda menjadi lembut. Jadi bagi Anda yang memiliki masalah rambut kaku hingga sering berdiri seperti kesetrum, tidak ada salahnya untuk mencoba tips perawatan rambut ini  dengan memanfaatkan daun seledri.

Langkah-langkah untuk merawat rambut rusak dengan jus daun seledri adalah:

  • Cuci bersih beberapa helai daun seledri.
  • Blender daun seledri yang sudah disiapkan tadi seperti Anda membuat jus.
  • Diamkan jus daun seledri selama semalam. Anda bisa menyimpan jus daun seledri di dalam botol maupun benda sejenisnya.
  • Keesokan harinya oleskan jus daun seledri ke seluruh rambut Anda secara merata.
  • Diamkan selama 10 hingga 15 menit.
  • Bersihkan rambut dengan shampo hingga bersih.

Anda bisa melakukan perawatan rambut ini 2 kali dalam seminggu, atau sesuai kebutuhan, artinya tergantung tingkat kaku tidaknya rambut Anda.

13. Cuka sari apel.

Bagi Anda yang bermasalah dengan rambut lepek. Ada baiknya Anda mencoba cara mengatasi rambut rusak yang satu ini. Yaitu menggunakan campuran cuka sari apel dengan air hangat. Campuran dua bahan ini dipercaya mampu membuat rambut Anda mengembang. Penasaran gimana cara pemakaiannya?

Berikut cara merawat rambut dan mengatasi rambut lepek dengan bahan alami dari cuka sari apel:

  • Campurkan cuka sari apel dan air hangat dengan perbandingan 1:1.
  • Basahi rambut Anda hingga merata dengan campuran tersebut.
  • Diamkan selama kurang lebih 5 menit.
  • Bilas rambut Anda hingga bersih, dan bau dari cuka apel benar-benar hilang.

14. Jus labu botol.

Sudah tahu belum dengan jenis labu yang satu ini? Bagi Anda yang belum tahu, tidak ada salahnya anda cari informasi tentang labu botol di google.

Labu botol (bottle gourd) juga  terkenal dengan sebutan labu china, labu dewa mabuk, dan sebagian orang ada yang menyebutnya labu air. Labu botol ini seringkali dijadikan sebagai hiasan rumah, dan juga banyak manfaat bagi kesehatan.

16 Bahan Alami untuk Cegah Rambut Rontok dan Rusak
Manfaat jus labu masih jarang diketahui.

Selain itu, labu botol juga dipercaya mampu mencegah rambut rusak. Anda bisa membuat jus dari labu botol untuk perawatan rambut secara alami di rumah. Berikut langkah-langkahnya:

  • Potong labu botol yang sudah dicuci bersih menjadi beberapa potongan.
  • Blender labu botol hingga menjadi jus.
  • Balurkan jus labu botol ke rambut dan kulit kepala Anda hingga merata.
  • Diamkan selama kurang lebih 30 menit agar nutrisi dari labu botol benar-benar diserap oleh rambut dan kulit kepala Anda.
  • Bersihkan rambut Anda hingga bersih. Jika perlu tambahkan shampo dan bilas hingga bersih.

15. Minyak almond.

Minyak almond bisa Anda jadikan salah satu tips untuk merawat rambut rusak. Karena minyak almond mampu mencegah dan mengatasi rambut kering, mudah rapuh dan kusam.

Minyak almond hampir sama fungsinya dengan hair tonic, yaitu bisa berfungsi sebagai vitamin maupun nutrisi untuk rambut. Dan sudah banyak minyak almond berbagai merk yang beredar di pasaran. Sehingga memudahkan proses perawatan rambut Anda di rumah.

Berikut cara perawatan rambut secara alami di rumah dengan menggunakan minyak almond:

  • Tuang beberapa sendok minyak almond ke dalam mangkuk (sesuai kebutuhan rambut Anda).
  • Panaskan minyak almond tersebut selama kurang lebih 40 menit.
  • Tunggu beberapa menit hingga minyak menjadi hangat kuku.
  • Oleskan ke rambut dan kulit kepala Anda secara merata, sambil dipijat-pijat pelan agar minyak meresap dan juga mampu melancarkan peredaran darah.
  • Diamkan selama kurang lebih 15-30 menit.
  • Bilas rambut Anda dengan shampo hingga bersih.

16. Baking soda.

Banyak sekali manfaat dari baking soda, dari yang bisa digunakan untuk membuat kue, membersihkan karat dan noda yang membandel, hingga bisa digunakan untuk memutihkan gigi kuning.

16 Bahan Alami untuk Cegah Rambut Rontok dan Rusak
Manfaat baking soda bagi rambut.

Selain itu yang perlu Anda ketahui dari manfaat baking soda adalah baking soda juga dipercaya mampu mengatasi rambut rusak, terutama bagi Anda yang suka mewarnai rambut maupun jenis styling rambut lainnya. Karena baking soda mampu mengurangi kadar kimia yang terdapat pada bahan styling rambut, pewarna, maupun produk shampo dan perawatan rambut lainnya yang mengandung bahan kimia.

Cara perawatan rambut secara alami di rumah dengan memanfaatkan baking soda yaitu:

  • Campurkan 3 sendok makan baking soda dengan air.
  • Aduk-aduk hingga merata.
  • Bilas rambut Anda dengan menggunakan campuran baking soda tadi. Sambil Anda pijat agar larutan baking soda merata ke seluruh bagian rambut Anda.
  • Cuci rambut Anda hingga bersih.

Itulah 16 tips cara merawat, mencegah dan mengatasi rambut rusak secara alami yang bisa Anda coba sendiri di rumah.

Yang perlu Anda ingat, perawatan rambut dengan bahan alami butuh ketelatenan dan rutinitas agar mendapatkan hasil yang maksimal. Jadi tidak benar jika Anda hanya melakukan perawatan sekali atau dua kali saja tapi mengharapkan hasil yang memuaskan. Semoga artikel kesehatan rambut ini bermanfaat.

Leave a Reply