Cara Merawat Kemeja Hitam Agar Tetap Awet

Setelah dahulu kami pernah menulis tentang cara merawat celana jeans agar awet, kali ini kami akan membuat tutorial tentang cara merawat kemeja hitam agar tetap awet.

Memiliki kemeja warna hitam sebenarnya sangat perlu untuk memperhatikan bagaimana cara merawatnya. Hal ini dikarenakan warna hitam merupakan warna yang mudah lusuh. Meskipun merupakan warna gelap dan kotoran pun tidak terlalu tampak jika melekat ke dalamnya, namun warna kemeja hitam akan memudar jika anda salah dalam merawatnya. Tentu saja warna yang memudar akan membuat penampilan anda terlihat kusam. Selain itu, resiko berjamur juga mesti anda perhatikan dalam merawat kemeja satu ini.

Dalam merawat kemeja warna hitam kita mesti memperhatikan bagaimana teknik pencucian, pengeringan, penyetrikaan, sampai penyimpanannya. Jika anda telaten dalam merawat pakaian tersebut, tentu saja kemeja warna hitam akan tetap awet dan tampak selalu baru. Warna yang memudar pun tidak perlu anda khawatirkan lagi dengan teknik perawatan yang tepat. Nah, berikut ini akan diulas lebih lanjut untuk berbagai tips dalam merawat kemeja warna hitam.  

Berbagai Tips Merawat Kemeja Warna Hitam

  1. Hindari detergen dengan kandungan pemutih

Warna hitam sangat anti terhadap detergen yang memiliki kandungan pemutih. Pasalnya kandungan pemutih akan memudarkan warna tersebut. Oleh sebab itu perhatikan jenis detergen yang anda pilih. Selain itu, sesegera mungkin untuk mencuci kemeja hitam setelah mengenakannya. Hal ini bertujuan menghindarkan dress dari jamuran.

  1. Perhatikan suhu setrika

Ketika menyetrika kemeja warna hitam, perhatikan baik-baik bagaimana suhunya. Anda bisa melihat label pada pakaian untuk aturan suhu yang tepat untuk menyetrika kemeja tersebut. Panas yang berlebihan justru akan membuat kemeja berkerut dan teksturnya rusak. Anda bisa mengenakan model strika uap agar pakaian lebih licin dan rapi.

  1. Simpan di lemari tertutup tapi memiliki rongga

Sirkulasi udara pada lemari penyimpanan juga penting untuk diperhatikan. Simpan kemeja warna hitam di lemari yang memiliki rongga namun tertutup. Hal ini bertujuan menghindarkan jamur dan bau pada kemeja. Selain itu bungkus kemeja dengan kain agar bersih dan terhindar dari kelembapan yang akan merusak tekstur kemeja.

  1. Cuci secara manual

Cuci kemeja hitam secara manual dan kucek secara lembut. Hal ini bertujuan agar tekstur kain tetap terjaga. Mengucek secara keras atau mencuci menggunakan mesin akan membuat kemeja hitam cepat rusak. Maka dari itu cuci secara manual saja dan gunakan detergen dengan kandungan yang tidak terlalu keras.

  1. Jemur di tempat teduh

Jemur kemeja di tempat teduh. Jangan langsung terkena sinar matahari karena akan membuat warnanya mudah luntur. Sebaiknya bagian luar kemeja diletakkan di bawah, sedangkan bagian dalamnya di letakan di atas. Teknik satu ini bertujuan agar warna hitam pada kemeja anda tetap bertahan.

Itu dia beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk merawat kemeja warna hitam sehingga tetap awet. Selamat mencoba.

No Responses

  1. Pingback: Gamis Bahan Wolpeach Syar'i | Zona Kreatif Tuesday, 29 May 2018

Bagaimana komentar Anda?