Apa Itu Rumah Minimalis?

Beberapa tahun belakangan ini booming istilah rumah minimalis dengan berbagai macam desain dan model rumah yang berbeda. Bahkan anak ABG pun juga ikut-ikutan dan sibuk mencari gambar rumah minimalis. Mereka sudah membayangkan nanti setelah menikah akan memiliki rumah idaman dengan desain minimalis untuk keluarga kecil barunya.

Rumah minimalis

Semua ini adalah hasil dari sepak terjang para developer dan kontraktor rumah yang tidak ada berhentinya untuk menggalakkan misinya. Kabar baiknya, desain rumah minimalis modern ini diterima oleh masyarakat Indonesia dengan baik. Bahkan semakin lama, pembangunan rumah minimalis baik secara personal maupun bentuk perumahan minimalis semakin menjamur dan menjadi tren rumah masa depan.

Bukan hanya terbatas di design rumah minimalis saja, namun sketsa maupun model minimalis ini sering kali digunakan sebagai atribut pada desain interior rumah maupun furnitur rumah lainnya, seperti: kamar tidur minimalis, ruang tamu minimalis, kursi minimalis, taman minimalis, teras rumah minimalis, pagar rumah minimalis, dan lain sebagainya. Bahkan dalam dunia marketing properti sekalipun kata minimalis sudah tidak asing lagi digunakan.

Desain rumah minimalis

Nah, sebelum kita melangkah lebih jauh mengenai makna rumah minimalis, desain, sketsa, gambar, model, dan foto-fotonya, ada baiknya kita menelaah secara singkat sebenarnya apa itu rumah minimalis? Dan samakah persepsi antara masyarakat dengan para arsitektur design rumah minimalis itu sendiri? Serta apakah arti rumah minimalis telah mengalami pergeseran makna atau berevolusi mengikuti perkembangan zaman?

Sebelum 3 pertanyaan dasar di atas terjawab, kita harus mengerti pokok pembahasan terlebih dahulu, yaitu makna rumah minimalis itu sendiri. Rumah minimalis tersusun dari 2 kata yang berbeda, yaitu rumah dan minimalis.

Gambaran rumah minimalis

Rumah adalah salah satu bangunan yang dijadikan tempat tinggal selama jangka waktu tertentu. Sedangkan minimalis adalah penggunaan segala macam unsur secara sederhana dan terbatas tapi dengan hasil yang indah dan terbaik. Atau bisa diartikan pemakaian unsur tertentu yang dapat menghasilkan keindahan, kenyamanan, tapi tetap dalam bentuk yang sederhana.

Dari kedua makna kata tersebut, dapat disimpulkan bahwa arti rumah minimalis merupakan tempat tinggal manusia untuk melakukan segala aktivitas sehari-hari dalam kurun waktu tertentu dengan gaya hidup yang serba minimalis atau terbatas hanya sesuai dengan kebutuhan saja.

Model rumah minimalis

Seperti halnya Zen, seorang warga negara Jepang, yang konon katanya munculnya istilah rumah minimalis adalah hasil adopsi dari kehidupan Zen. Dimana menurutnya, semakin seseorang mampu hidup dengan apa adanya, dengan pemakaian interior dan furnitur rumah yang sedikit, berarti dia semakin bisa menerapkan gaya hidup rumah minimalis.

Menurutnya lagi, ruang keluarga sebaiknya tidak perlu menggunakan perabotan khusus, seperti meja dan kursi panjang, maupun furnitur lainnya, cukup dengan futon yang bisa dilipat (seperti karpet). Sehingga selain untuk ruang keluarga, nantinya karpet bisa dilipat dan digunakan untuk kegiatan yang lainnya. Begitu juga dengan perabotan rumah di ruang tamu, seperti kursi misalnya, cukup dengan karpet dan beberapa bantal saja untuk duduk.

Berarti bisa diartikan bahwa rumah minimalis bukanlah hanya terbatas pada bentuk dan model rumah yang sederhana, sunyi, murah, satu warna, kosong, hanya dengan sedikit furnitur tapi tetap mempertahankan seni keindahan, kenyamanan, dan kepolosan saja. Akan tetapi juga menyangkut dengan gaya hidup seseorang. Karena jika seseorang memiliki rumah minimalis tapi belum bisa menerapkan gaya hidup minimalis, maka dia tidak akan dapat merasakan unsur minimalis itu sendiri.

Model rumah

Tidak sedikit arsitektur rumah yang memaknai rumah minimalis layaknya Zen. Wajar saja, karena mereka telah mendapatkan pendidikan di bangku sekolah tentang arti kata rumah minimalis, asal-muasal maupun sejarah yang sebenarnya, yang mana lebih cenderung ke penerapan rumah minimalis yang sederhana, tanpa banyak perabotan dengan biaya murah, dan pemakaian unsur-unsur seadanya yang sesuai dengan kebutuhan, namun tetap terlihat indah dan nyaman untuk dihuni.

Setelah tahu makna rumah minimalis yang sebenarnya, barulah Anda bisa menjawab pertanyaan berikutnya. Apakah arti rumah minimalis mengalami evolusi atau pergeseran makna seiring dengan perkembangan jaman? Dan samakah persepsi masyarakat saat ini dengan para arsitektur rumah?

Kenyataannya, banyak sekali orang yang beda pemahaman dalam memaknai arti rumah minimalis, bahkan pemahaman mereka bisa sangat jauh berbeda. Dalam benak mereka, rumah minimalis identik dengan rumah yang serba mungil, bersih, indah, imut , mewah, dan sempurna dengan segala jenis furnitur dan interior rumah yang serba minimalis (kecil, mungil, dan mewah). Serta menonjolkan berbagai warna berani dan cerah.

Hal ini tidak lepas dari perkembangan dunia marketing properti dalam pemaknaan rumah minimalis. Jadi wajar jika makna rumah minimalis sudah mengalami pergeseran yang sangat signifikan. Sehingga banyak masyarakat yang terpengaruh dan sudut pandang mereka pun ikut berubah.

Dalam pengertian rumah minimalis versi mereka, pembangunan rumah minimalis bukanlah usaha untuk meminimaliskan biaya dan budget dalam pembuatan sebuah rumah seadanya, sederhana, dan nyaman untuk dihuni dan tetap indah. Tapi justru malah sebaliknya, dibutuhkan puluhan bahkan ratusan juta untuk mewujudkan rumah minimalis idaman mereka.

Teras rumah minimalis

Jauh sekali perbedaannya dengan makna rumah minimalis bagi para arsitektur bukan? karena mereka mendapatkan pendidikan di sekolah tentang dasar-dasar rumah minimalis yang sebenarnya, seperti: antara kamar tidur satu dengan lainnya (kecuali kamar mandi) usahakan berjejer agar hanya terpisahkan dengan dinding tipis, bahkan bisa dipisahkan dengan almari pakaian sebagai pengganti dinding, dan lain sebagainya.

Meskipun makna rumah minimalis sangat jauh berbeda di benak para arsitektur, dunia marketing properti, developer dan kontraktor rumah, serta di masyarakat pada umumnya, bukan berarti diantara mereka ada yang benar dan salah. Karena bisa jadi sesuai perkembangan jaman makna rumah minimalis sudah tidak seperti makna aslinya tapi justru akan berubah sesuai dengan asumsi masyarakat saat ini, terutama di indonesia.

Artikel ini tidak bermaksud untuk memojokkan pihak tertentu dalam dunia properti maupun dalam pemaknaan rumah minimalis, tapi hanya membantu masyarakat awam akan arti rumah minimalis yang sebenarnya. Agar nantinya tidak salah persepsi dalam pemakaian istilah rumah minimalis.

Dan yang lebih penting lagi, jika Anda akan berencana untuk membangun sebuah rumah minimalis impian Anda, ada baiknya Anda memastikan terlebih dahulu bahwa persepsi Anda dan atsitektur yang Anda pilih benar-benar sama. Jika tidak, kemungkinan besar terjadinya kesalahpahaman antara arsitektur dan klien (Anda) sangat besar. Hal ini pastinya akan menghambat Anda untuk mewujudkan rumah impian Anda. Semoga bermanfaat!

Bagaimana komentar Anda?